Electric Scooters for Adults Meridian Idaho

Electric Scooters for Adults Meridian Idaho

IPS persamaan kehidupan ekonomi antara negara Laos dengan negara Myanmar​

persamaan kehidupan ekonomi antara negara Laos dengan negara Myanmar​
Jawaban:
a. Iklim

Bisa dikatakan negara-negara di Asean beriklim tropis karena secara astronomis berada di sekitar garis katulistiwa, hanya sedikit wilayah Myanmar bagian utara yang masuk pada wilayah iklim sub tropis. Hal ini menyebabkan suhu di negara-negara tersebut cenderung panas dan sangat cocok untuk pertanian.

b. Sumber daya alam

- Pertanian : Sebagian besar penduduk Asean adalah petani, terutama menanam padi sebagai makanan pokok. Selain itu dengan daerah yang dikelilingi oleh gunung berapi yang berderet dari semenanjung malaka sampai ke Indonesia menciptakan tanah yang subur bagi wilayah Asean. Hal inilah yang menyebabkan tumbuhan berupah sayur dan buah-buahan bisa tumbuh subur di hampir seluruh negara Asean. Selain itu ada beberapa produk perkebunan unggulan negara-negara Asean yang berkualitas ekspor, seperti : kopi, teh, kelapa sawit, tembakau dan karet.

- Peternakan dan perikanan : Usaha peternakan seperti : Sapi, kambing, ayam dan lain-lain juga dikembangkan di negara Asean, selain untuk kepentingan dalam negeri dan juga untuk di ekspor ke negara lain. Selain itu dengan wilayah laut yang luas juga bisa menghasilkan komoditi ekspor ke negara lain, seperti Jepang dan Uni Eropa.

- Pertambangan : sektor yang satu ini memang hampir negara Asean memiliki, terutama minyak bumi telah mendukung perekonomian negara-negara Asean, misalnya Brunei, Malaysia, Indonesia, Dll. Selain itu negara Asean juga memproduksi batubara, nikel, biji besi, emas, dll. Produksi pertambangan tersebut turut membantu peningkatan kesejahteraan rakyatnya.



[answer.2.content]